Beranda | Artikel
Mutiara Hikmah Said bin Jubair
Rabu, 9 April 2014

1330632847135

Sa’id bin Jubair rahimahullah, salah seorang ulama besar Islam. Beliau meriwayatkan hadits dari Ibnu ‘Abbas, Abdullah bin Mughaffal, ‘Aisyah, ‘Adi bin Hatim, Abu Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, dan lain-lain radhiyallahu’anhum.

Diantara ulama yang menuturkan hadits dari beliau adalah Abu Shalih as-Samman, Ayyub as-Sikhtiyani, Sulaiman al-A’masy, Simak bin Harb, dan lain-lain, rahimahumullahu.

عن عمرو بن ميمون ، عن أبيه قال : لقد مات سعيد بن جبير وما على ظهر الأرض أحد إلا وهو محتاج إلى علمه

Dari ‘Amr bin Maimun, dari ayahnya, dia berkata, “Telah meninggal Sa’id bin Jubair, sementara tidak ada seorang pun di atas muka bumi ini melainkan dia butuh kepada ilmunya.”

عن سعيد بن جبير ، قال : التوكل على الله جماع الإيمان

Dari Sa’id bin Jubair, beliau berkara, “Tawakal kepada Allah adalah simpul keimanan.”

وكان يدعو : اللهم إني أسألك صدق التوكل عليك ، وحسن الظن بك

Beliau -Sa’id bin Jubair- sering berdoa, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kejujuran dalam bertawakal kepada-Mu dan selalu bersangka baik kepada-Mu.”

عن سعيد بن جبير ، قال : إن الخشية أن تخشى الله حتى تحول خشيتك بينك وبين معصيتك ، فتلك الخشية ، والذكر طاعة الله ، فمن أطاع الله فقد ذكره ، ومن لم يطعه فليس بذاكر وإن أكثر التسبيح وتلاوة القرآن

Dari Sa’id bin Jubair. Beliau berkata, “Sesungguhnya rasa takut/khosy-yah itu adalah kamu merasa takut kepada Allah sehingga hal itu menghalangimu dari melakukan kemaksiatan. Itulah khosy-yah. Adapun dzikir itu adalah taat kepada Allah. Barangsiapa yang taat kepada Allah maka dia telah berzikir kepada-Nya. Dan barangsiapa yang tidak taat kepada-Nya maka dia bukanlah ahli zikir; walaupun dia banyak bertasbih dan rajin membaca al-Qur’an.”

قال هلال بن خباب : قلت لسعيد بن جبير : ما علامة هلاك الناس ؟ قال : إذا ذهب علماؤهم

Hilal bin Khabab berkata : Aku berkata kepada Sa’id bin Jubair, “Apakah tanda kebinasaan manusia?” Beliau menjawab, “Yaitu apabila para ulama mereka telah pergi/meninggal.”

ورُوي عن سعيد بن جبير ، قال : لو فارق ذكر الموت قلبي ، لخشيت أن يفسد علي قلبي

Diriwayatkan dari Sa’id bin Jubair, beliau berkata, “Seandainya mengingat kematian memisahkan diri dari dalam hatiku, maka aku takut hal itu membuat hatiku menjadi rusak.”

الربيع بن أبي صالح ، قال : دخلت على سعيد بن جبير حين جيء به إلى الحجاج ، فبكى رجل ، فقال سعيد : ما يبكيك ؟ قال : لما أصابك ، قال : فلا تبك ، كان في علم الله أن يكون هذا ، ثم تلا : مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا .

ar-Rabi’ bin Abi Shalih berkata : Suatu ketika aku menemui Sa’id bin Jubair ketika dibawa untuk menghadap kepada al-Hajjaj -seorang penguasa yang bengis dan kejam di masa itu, pent- lalu ada seorang lelaki yang menangis. Sa’id pun berkata, “Apa yang membuatmu menangis?” Dia menjawab, “Karena melihat musibah yang menimpa dirimu.” Sa’id berkata, “Janganlah menangis karena hal ini sudah tercatat di dalam ilmu Allah -yaitu sudah ditakdirkan- bahwa hal ini pasti terjadi.”  Kemudian beliau membaca ayat (yang artinya), “Tidaklah ada suatu musibah yang menimpa di bumi dan tidak pula pada diri kalian kecuali telah tertulis dalam kitab/lauhul mahfuzh, sebelum Kami menciptakannya.” (QS. al-Hadid : 22)


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mutiara-hikmah-said-bin-jubair/